Kamis, 11 Desember 2008

Blue Screen Notebook Acer Aspire 4530

Nah..permasalahan ini mungkin banyak dialamai oleh temen-temen yang menggunakan laptop acer untuk seri diatas. terutama untuk sistem operasi yang menggunakan Windows Vista.
Eh temen-temen yang menggunakan windows xp juga banyak yang ngalami loch...
sebenarnya ini sering terjadi karena di windows xp belum support untuk deteksi hdd sata pada saat instalasi (mungkin cuma itu) and juga ada windows xp yang bisa ngistal laptop ini tapi diwindows tersebut hanya terdapat chipset instalasi untuk intel saja...aduh jadi bingung yach penjelasannya....daripada bingung terus and tuch laptop masih sering bluescreen....mending diinstal ulang and dengan langkah-langkah yang aku kasih seperti dibawah ini ok....next...
Langkah yang harus dilakukan adalah:


Mungkin temen-temen mesti rada bingung sedikit, masalahnya temen-temn meski nyiapin floppy disk usb terlebih dahulu….kalau ga’ punya bisa pinjem temen, beli di toko computer, atau kalau temen-temen yang ada dijogja bisa minta dicopyin di “Cahya Computer alamatnya Jl Kaliurang KM 5,2 CT III/6 telp. 0274-551434” gratis kok asal bawa disket sendiri.
Heheheheheheh…………..promosi dikit gpp kan…….?
  1. Siapkan dua buah disket kosong
  2. Konekkan floppy disknya masukkan disket kosong (eh lupa….tempat ngopy filenya di computer yang udah ada windowsnya donk…..)
  3. Masukkan cd driver original dari Acer Aspire 4530/4230 Series (dapet kan pas beli laptopnya)
  4. Buka Cd Drivernya menuju > SW2 > Chipset > Ide > Win XP > Sat-ide > floppy
  5. Pada folder “floppy” terdapat dua folder yaitu “disk 1” dan “disk 2”
  6. Copy kedua isi file-file folder tersebut (ingat isi filenya) bukan foldernya langsung, ke masing-masing disket yang telah disiapkan.
  7. Nah setelah selesai pindah donk usb floppy disk ¬ke laptop yang mau kita install….
(eitt jgn lupa ya …..disk 1….dimasukkan ke usb floppy disk…..
Ok kita berlanjut ke tahap instalasi windowsnya……………….
Siapkan laptopnya, usahakan dicharger ya…..karena kalau ga’ tar pas pada saat instalasi batereinya habis….wah ngulang lagi deh dari awal proses dibawah ini….hehehehehe….
Langkah keduanya neh sebagai berikut: …

  1. Setting bios (pada awal nyalain laptop, tekan F2)
  2. Setelah masuk bios, pilih pada menu “Main” liat pada bagian bawah ada pilihan “Sata Mode” setting defaultnya adalah “Ide” nah sebelum disave kembali, ganti terlebih dahulu settingnya dengan “AHCI Mode” tekan F10 lalu “Save”
  3. Masukkan CD Windows Xp (nah kalau yang pake bajakan hati-hati ketangkep wkwkwkwkwk)
  4. Pada awal booting “press any key to continue” setelah menekan sembarang key’’’pada awal tampilan instalasi ada perintah yang artinya kurang lebih seperti ini “ tekan F6 untuk ……maaf ga’ apal….yang jelas temen2 harus teken F6 ok….
  5. Tunggu prosesnya……
  6. Setelah menunggu proses konfigurasi instalasinya….akan muncul pilihan yang menunjukkan proses pencarian terhadap driver sata-nya…..
  7. Selanjutnya tekan “S” untuk menginstal driver satanya yang telah tersedia di “floppy” Ingat isi floppy yang pertama dimasukkan ke floppy disk adalah Disk 1 selanjutnya tekan “Enter” proses instalasi berjalan seperti biasa….
Eiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttt………belum selesaia ya………..
Setelah proses formatting kemudian proses copy file windows dari cd…..ke..hdd…akan ada proses yang meminta memasukkan Driver Disk 2….nah keluarkan floppy disk Driver Sata Disk 1 tekan Enter….proses berjalan sampai selesai….
Instal semua driver …………….and program-program lainnnyaa…………..
Nah ….apakah masih sering terjadi blue screen…………….kalau masih……Mr.Holic sarankan kalau laptopnya masih garansi mending dibalikin aja ke service centernya……….hehehehehehe………..
Wah neh aku kasih juga link buat temen-temen yang butuh driver yang lain..
Klik Disini buat pencarian


2 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih atas masukannya bos tapi acer 4530 saya yang saya install sudah sesuai dengan anjuran bos tapi layarnya tetap hitam dan bukan blue screen, waktu masukan cd xp sp2 hanya detect persekian detik kemudian layarnya hitam ada solusi yang lainn tidak bos trims

Anonim mengatakan...

Untuk acer 4530 perlu driver sata yang sudah include di cd win xp nya, and cara buatnya bentar lagi menyusul

Posting Komentar

Berikan Komentarnya Ya...

Template by : kendhin x-template.blogspot.com